Wednesday, September 18, 2013

COOKING DAY: "Make the Tomato Juice"

Dalam tema "ash-Shamadu", terdapat sub tema: "Makanan dan Minuman". Dengan sub tema ini, anak-anak RA Muslimat NU 016 Mayak Tonatan Ponorogo, diberi berbagai materi kegiatan yang bersifat teori, praktik maupun observasi. Untuk yang bersifat teori, anak-anak diajak untuk mengerjakan majalah dan LKS yang ada kaitannya dg sub tema pokok bahasan, semacam menghitung gambar makanan, atau mewarnai gambar makanan dan sebagainya.
Sedangkan dalam rangka pembelajaran yang bersifat praktikum, maka anak-anak diajak untuk mengadakan kegiatan membuat minuman yaitu jus tomat. Kegiatan ini memakai metode proyek, dimana tiap anak mendapat bagian pekerjaan masing-masing sehingga yang satu berkaitan dengan yang lain secara holistik.
Anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Ada yang bertugas mencuci tomat, ada yang bertugas meramu bahan yang terdiri dari tomat, gula dan air, ada juga yang bertugas memblender, dan ada juga yang bertugas menyiapkan gelas plastik plus memberinya susu krim agar lebih lezat.
Ketika semuanya sudah selesai dan siap saji ... maka tiba waktunya untuk bersorak gembira sambil menikmati hasil jerih payah bersama .... mmmmmm .... nikmatnya.


No comments:

Post a Comment