Wednesday, May 2, 2012

audiovisual learning

Jaman semakin modern. Metode pendidikan pun dituntut agar dapat seiring sejalan dengan perkembangan jaman sehingga anak didik tidak mengalami gagap teknologi. Karena itulah RA Muslimat Mayak Tonatan Ponorogo berusaha meningkatkan segala sarana prasarana demi kelancaran pendidikan dan senantiasa memperbarui teknik-teknik pembelajaran agar peserta didik semakin siap dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
Peserta didik RA Muslimat Mayak diperkenalkan dengan teknologi yang ada sekarang, mulai dari alat-alat komunikasi sederhana (radio, televisi dsb) sampai teknologi computer dan proyektor. Dengan aplikasi computer, ternyata anak justru bisa bereksplorasi dengan lebih maksimal. Ketika mereka sudah mampu menulis sesuatu, baik nama sendiri ataupun nama benda yang dikenalnya, maka mereka dapat diarahkan untuk menulisnya dengan font-font menurut selera mereka sendiri sehinga mereka merasa gembira dan bangga. Selain itu, dengan aplikasi "Paint", mereka dapat berkreasi membuat gambar-gambar sederhana sekaligus mewarnainya. Sedangkan untuk memupuk jiwa pantang menyerahnya, maka mereka diperbolehkan memainkan game-game edukatif di computer sehingga memacu adrenalin sekaligus semangat ingin tahu dan pantang menyerah.
Proses belajar dengan menggunakan LCD Proyektor juga merupakan teknik yang diterapkan dalam metode ceramah di RA Muslimat Mayak. Dengan visualisasi yang variatif, para peserta didik akan antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru pengajar. Dengan demikian, imajinasi merekapun akan lebih terarah kepada maksud materi pelajaran.
Selain itu, dalam berbagai kesempatan yang ada, kegiatan peserta didik telah didokumentasikan dalam video digital. Dengan LCD Proyektor ini, mereka dapat melihat aktifitas mereka sendiri saat belajar di dalam maupun di luar kelas melalui rekaman yang diputar bersama. Keceriaan akan terpancar dari rona-rona wajah mereka, sebab mereka merasa dirinya menjadi begitu penting untuk dilihat oleh orang banyak.

No comments:

Post a Comment