Sunday, March 17, 2013

EVERYWHERE FOR STUDY

i hear i forget, i see i remember, and i do yes i can do it again.
Proses pembelajaran RA Muslimat NU 016 Mayak Tonatan Ponorogo tidak hanya berlangsung di dalam kelas saja, melainkan juga berlangsung di luar kelas. Hal ini mengacu pada kebutuhan rasa ingin tahu anak untuk menjelajah segala sesuatu yang belum diketahuinya. Anak-anak tidak boleh hanya dicekoki dengan buku yang hanya berisi gambar. Seharusnya anak-anak juga diajak untuk mengetahui secara langsung apa yang diajarkan.
Misalnya dalam proses pendidikan agama, maka anak-anak diajak untuk praktek berwudlu dan mengenal masjid secara langsung. Meskipun mereka sudah mengetahui setiap harinya tentang masjid, namun tetap ada porsi-porsi tertentu yang mereka tidak tahu dan memerlukan penjelasan dari guru.
Kemudian juga dalam mengenal lingkungan sekitar, mereka tetap memerlukan informasi yang lebih akurat dari para guru tentang banyak hal, semisal tentang cara menanam atau cara memelihara ikan atau cara membangun rumah beserta bentuk nyata geometri yang sering diajarkan.
Dalam proses pembelajaran seperti ini, metode observasi (pengamatan langsung) sangatlah diperlukan. Dan akan kita dapati kegembiraan anak-anak ketika mereka belajar seperti ini. Mereka akan mudah mengingat karena mereka melihat secara nyata bukan sekedar gambar di buku.

1 comment: